Mullae: Sudut Lain Kota Seoul

Ketika mendengar kata “Seoul” kira-kira apa yang ada di pikiran kalian?

“Kpop,” “Super Junior,” “Kimchi,” “Pulau Jeju,” “drama,” “Ramyeon.”

Sebagai ibukota Korea Selatan, tidak salah memang jika banyak yang menghubungkan Seoul dengan Korea Selatan itu sendiri. Sebagai ‘wajah’ dari Korea Selatan tidak heran jika mendengar kata Seoul yang muncul dipikiran malah Kpop, Kosmetik, atau bahkan Pulau Jeju yang sebenarnya berjarak tidak kurang dari 450km dari Kota Seoul.. atau Boyband Super Junior yang menghabiskan lebih banyak waktu mereka sebagai idola di luar kota Seoul itu sendiri, dan hal-hal lain yang melebihi Seoul sebagai ibukota itu sendiri.

Ok, sekali lagi, Ketika mendengar kata “Seoul” -sebagai sebuah kota- kira-kira apa yang ada di pikiran kalian??

“Incheon,” “Gangnam,” “Namsan Tower.”

Bagaimana dengan sebuah kota yang modern, bersih dan rapi, dengan gedung-gedung tinggi?

Baiklah, duduk yang manis, kerena kita akan ‘pergi’ melihat-lihat sudut kota Seoul yang lain.


 

-Mullae: Art Village of Seoul-

Mungkin banyak yang tidak tahu, Mullae adalah sebuah sudut di sebelah barat kota Seoul yang ‘kumuh, dan bising’. Dulunya Mullae adalah sebuah tempat industri besi yang ramai, tapi satu persatu industri kecil tersebut ditutup. Mullae menjadi sepi, para pandai besi nya pindah ke Kota, ganti pekerjaan, atau bekerja di industri yang lebih besar, meninggalkan toko-toko yang kosong dengan pintu yang karatan.



Para pemuda dan seniman  mengambil alih Mullae dan menghias dinding-dinding, atap dan pintu toko dengan graffiti dan art dari besi dan lainnya. Mullae berubah menjadi sebuah kota seni yang, entah bagaimana, terlihat unik, menarik, dan menyuguhkan sesuatu yang beda, yang tidak akan ditemukan di sudut Seoul lainnya. Grafitti mungkin tidak cocok di pusat kota Seoul, tapi di Mullae para seniman membuat graffiti yang kontras tapi serasi dengan lingkungan Mullae sebagai lingkungan industri besi.

  
Mullae juga telah menjadi objek menarik bagi fotografer. Kalo kalian berkunjung ke Mullae rame-rame bersama teman, mungkin kalian bisa memainkan game, dan berlomba siapa yang bisa menemukan foto-foto tertentu, seperti, siapa yang berhasil mengambil foto angka 5 terbanyak menjadi pemenang.

 

Beberapa industri  dan bengkel pandai besi di Mullae masih beroperasi, suara bising dari besi yang ditempa malah memberi musik yang ‘mengusik’ telinga seperti musik Rock yang kamu suka. Kalo kamu sempat berkunjung ke salah satunya, mungkin bisa me-request si pandai besi untuk membuatkanmu sesuatu sebagai oleh-oleh yang tidak ada duanya, tidak seperti CD Kpop bertanda tangan asli yang juga dimiliki oleh ratusan, mungkin ribuan orang lainnya.

Bagimana? Tertarik untuk menjelajahi sudut lain kota Seoul??

Cr : Korean Chingu
Pics Cr: Chincha.co.uk, tritalks.tristory.com, mydestination.com, s1.askkpop.com, others





Comments

Popular posts from this blog

It’s You