Apa Rahasia Di Balik Kesuksesan SM Entertainment?
- Get link
- X
- Other Apps
Sejak
munculnya para idola k-pop generasi pertama di tahun 90-an, salah satu
agensi raksasa Korea Selatan, SM Entertainment memang selalu unggul di
industri musik Korea. Hampir dua dekade berlalu, agensi yang didirikan
oleh Lee Soo Man tersebut hingga kini pun masih terus berada di posisi
teratas. Lalu, apa rahasia di balik kesuksesan agensi hiburan tersebut?
SM Entertainment merupakan ‘rumah’ bagi para idola k-pop terbesar yang
hingga kini terus mendunia, dimulai dari generasi pertama, seperti H.O.T
, S.E.S, dan juga Shinhwa. Kini, SM semakin berjaya setelah menelurkan
para grup idola seperti TVXQ, Super Junior, SNSD, SHINee, f(x), dan EXO.
Yap, hal yang membuat agensi ini terasa berbeda dengan agensi lainnya
adalah penampilan para artisnya yang mengusung genre SMP (SM Music
Performance), yaitu genre yang diciptakan oleh SM Entertainment pada
pertengahan tahun 90-an. SMP mengombinasikan rock dan
R&B, diikuti oleh penampilan dance yang kuat. Genre ini tentu saja
sangat mudah diterima di kalangan anak muda dan juga dewasa.
Tak
hanya genre yang diusung, dalam hal penampilan, SM sangat mengutamakan
koreografi, aksi panggung, serta visual menarik yang menjamin sebuah
kepuasan para penonton yang menyaksikannya. Selain itu, tak bisa
dipungkiri bahwa hampir semua lagu yang dibawakan oleh para artis SM
selalu dengan mudah menancap di kepala dengan irama yang ear-catchy dan
kadang dengan lirik yang sangat unik, seperti contoh adalah ‘Sorry
Sorry’ milik Super Junior, ‘Ring Ding Dong’ milik SHINee, serta lagu
terbaru EXO yang berjudul ‘Wolf’.
Terlepas dari musik dan penampilan
para artisnya, yang membedakan SM dengan label lainnya adalah kekuatan
fandom para artisnya itu sendiri yang cukup menonjol. Contohnya adalah
EXO yang mungkin memang masih pendatang baru, namun berkat genre SMP nya
tersebut, EXO mampu membentuk sebuah fandom yang besar dalam waktu yang
singkat. Bahkan Shinhwa yang meninggalkan SM di tahun 2003 masih tetap
mampu mempertahankan kesuksesannya sebagai sebuah grup karena kuatnya
basis fandom mereka yang terbentuk ketika Shinhwa debut di bawah SM
Entertainment tahun 1998 silam.
Karena basis penggemarnya yang cukup
kuat, SM pun kemudian melayani kebutuhan fans tersebut dengan
memproduksi musik, konser, dan berbagai produk lainnya, seperti
merchandise dari para artisnya.
Kesimpulannya, SM Entertainment unggul
dalam hal ‘mengemas’ setiap artisnya dan bagaimana mereka memanjakan
para fans. Gimana menurut kalian?
via kpopstarz/dreamersradio
Korean Celebrity Info
- Get link
- X
- Other Apps
Comments
Post a Comment