Istilah-Istilah Dalam Dunia Hallyu


Title Track : Lagu utama yang sedang dipromosikan dalam sebuah album atau single, lagu tersebut pula yang akan dibuat MV-nya dan ditampilkan dalam program musik.

Trainee : Istilah seorang calon penyanyi/aktor di

masa latihan mereka. Orang ini dianggap trainee hingga mereka keluar untuk melakukan debut resmi. Jangka waktu latihan mereka bervariasi, tapi biasanya bisa lebih dari dua tahun.

Triple Crown : Istilah penghargaan ketika lagu seorang artis menang tiga minggu berturut-turut dalam program musik M! Countdown dan Inkigayo. Lagu itu kemudian harus “pensiun” dan tidak bisa menang lagi. Sementara untuk Music Bank mereka tidak memiliki batasan kemenangan.

Um Chin Ah (엄친아) : Frase kependekan yang berarti ‘Mother’s Friend’s Son (anak laki-laki teman ibu).’ Mereka adalah anak-anak yang para ibu akan ceritakan pada anak-anaknya sebagai perbandingan (terutama dalam belajar, dll). ‘Um Chin Ddal’ kependekan dari ‘Mother’s friend’s daughter'

UnitedCube : Nama konser yang diadakan oleh artis Cube Entertainment.

V-Line: Wajah oval yang meruncing hingga dagunya.

V-pose = Pose berfoto dengan jari telunjuk dan tengah membentuk huruf V. Kadang disebut peace-pose juga.

White Day: Dirayakan di Jepang dan Korea pada tanggal 14 Maret, sebuah setelah hari Valentine. Di hari itu, seorang laki-laki akan memberikan perempuan coklat sebagai balasan dari hari Valentine. Selanjutnya sebulan kemudian akan ada, “Black Day” yang dirayakan oleh orang-orang jomblo aka mereka yang tidak punya pasangan.

Yang: Istilah yang dipakai untuk menyebut gadis yang lebih muda dalam konteks formal, biasanya ditaruh di belakang nama seseorang. *contoh: Eugene dalam sebuah program acara memanggil IU yang lebih mudanya dengan sebutan IU-yang, fungsinya bisa mirip dengan -ssi*

YG Family : Istilah para artis yang tergabung di bawah label YG Entertainment. 


Oppa (오빠) : Berarti kakak laki-laki dan digunakan oleh anak perempuan yang lebih muda. Bisa juga digunakan untuk memanggil si pacar bila si laki-laki yang lebih tua.

Omona : Sebuah ekspresi versi Korea dari “Oh my God!”

PV : Di J-Pop, ini adalah sebuah istilah untuk video promosi mereka, sama saja seperti MV.

Pepero Day : Sebuah hari yang konon hampir sama seperti Valentine Day di Korea. dirayakan tiap tanggal 11 November (sesuai dengan bentuknya 11-11) di mana para kaula muda akan saling memberikan dan makan biskuit pepero bersama.

Pictorial : kumpulan foto seorang artis / sebuah group, bisa berupa foto yang ada di satu majalah tertentu ataupun kumpulan foto yang dibukukan (yang berbentuk buku ini biasanya disebut pictorial book)

Repackaged Album : Ketika sebuah full album dirilis ulang dengan tambahan lagu baru, atau remix. Biasanya dirilis tidak lama setelah pomosi lagu pertama albumnya berakhir.

Rookie : Grup atau penyanyi yang baru debut. Mereka biasanya disebut ‘rookie’ setidaknya selama setahun.

Sasaeng : Istilah untuk menyebut fans obsesif yang selalu mengikuti selebritis
favorit mereka kemanapun mereka pergi dari pagi sampai malam. Hampir sama seperti “stalker (penguntit)”.

Ssanti : Kampungan atau norak. Dalam K-Pop kata ini biasanya digunakan untuk mendeskripsikan gara tari seseorang.

Selca : Kombinasi kata-kata “self” dan “camera,” yang merupakan foto yang diambil sendiri oleh seseorang. Para idol sering sekali meng-upload selca mereka di akun Twitter atau Me2Day mereka.

Seollal Day atau Seollal (설날) : Sebutan untuk Lunar New Year atau hari raya imlek di Korea. Hari ini adalah hari terpenting dalam sejarah hari libur tradisional Korea, dan dianggap lebih penting dari hari tahun baru Masehi.

Ssi : Berarti “tuan” atau “nona”, biasanya digunakan untuk memanggil seseorang dalam konteks formal (atau program acara penyiaran) untuk menghormati seseorang, berlaku untuk perempuan dan juga laki-laki.

S-Line (에스 라인) : Istilah untuk mendeskripsikan bentuk/lekukan tubuh yang indah seorang wanita.

SM Town : Nama lain untuk artis SM Entertainment dalam sebuah grup. Nama ini juga yang dipakai sebagai judul konser tur yang dihadiri oleh seluruh artis di labelnya.

Subunit: Bagian sebuah grup yang dibentuk untuk satu proyek promosi atau merilis lagu. Contoh : Super Junior-M, Super Junior-KRY

Sunbae (선배) : Senior atau seseorang yang dianggap memiliki pengalaman lebih darimu dalam satu bidang tertentu. Umur tidak menjadi faktor utamanya.

Sunbaenim (선배님) : Cara sopan untuk menyebut ‘sunbae.’



Idol : Istilah umum untuk selebritis muda K-Pop. Yang membuat mereka berbeda dari “penyanyi” lainnya adalah karena mereka dilatih terlebih dulu selama bertahun-tahun, selain menyanyi juga hal lainnya seperti akting, MC, DJ, model dan menari.

Jimjilbang (찜질방) : Sauna atau tempat pemandian umum khas Korea, konon dianggap sebagai salah satu sektor budaya paling besar di Korea Selatan

JYP Nation : Sebutan untuk semua artis yang bergabung di bawah label JYP Entertainment.

Makjang : Sebuah poin pada plot dalam K-Drama yang dibuat terlalu berlebihan, seperti “Kejutan! kalian adalah saudara kandung!”, atau kelahiran yang dirahasiakan, penyakit kanker, kecelakaan yang tidak terduga, ibu tiri yang jahat, dll.

Maknae (막내) : Anggota termuda dalam sebuah grup.

me2day : Sebuah jejaring sosial yang dibuat di Korea.

Mini Album : Biasanya berisi dua atau tiga lagu baru, dan juga remix atau instrumental sebagai tambahan, dikeluarkan di antara saat-saat merilis single dan full album.

MR : Kependekan dari “Music Removed”, sebuah proses menghilangkan musik sebuah lagu hingga hanya suara artisnya saja yang terdengar. Biasanya digunakan untuk mendengar seberapa baik seorang penyanyi ketika tampil secara langsung.

Music Program : Terdiri dari program pertunjukkan seperti M! Countdown, KBS Music Bank, MBC Music Core, SBS Inkigayo dan lainnya. Saat promosi lagu atau album baru, seorang artis akan tampil di program ini untuk mempromosikan lagu mereka yang baru dirilis. MC dari program-program ini berganti beberapa kali tiap tahunnya.

Mutizen : Winner

MV: Music Video atau video klip.

Netizen : Kombinasi kata-kata 'Internet’ dan ‘Citizen.’ atau komunitas yang aktif dalam penggunaan internet.

Noona, Nuna atau (누나) : 1. berarti kakak perempuan dan digunakan oleh anak laki-laki yang lebih muda. 2. Sebutan untuk menyebut si pacar bila si perempuan lebih tua.

Nunim (누님) : Cara sopan untuk menyebut ‘nuna.’

Noraebang : Karaoke


Fan-meeting : Sebuah acara yang diadakan oleh artis untuk bertemu dengan fansnya, biasanya diisi dengan sesi tanya jawab, bermain game, tanda tangan, dan menyanyikan/ mencover beberapa buah lagu.

Fan-project : Sebuah proyek yang diadakan oleh fanclub seorang/satu grup artis untuk merayakan sesuatu yang berhubungan dengan artis tersebut, ex: ulang tahun, perayaan tahun ke-N debut, dan lainnya. Biasanya mereka akan mengajakan anggota fanclub lain untuk mengumpulkan sejumlah uang dan membuat/membeli/melakukan sesuatu yang berharga untuk dihadiahkan/didedisikan (fangift) pada artisnya.

Fanwar : Perang yang terjadi antar fans artis (fandom) satu dengan artis lainnya, tapi tidak jarang juga fanwar terjadi dalam satu fanclub tertentu karena beberapa hal.

Full Album : Album full yang biasanya terdiri dari sekitar selusin lagu. Trend baru-baru ini biasanya dipenuhi dengan para artis pop yang merilis banyak single dan mini album sebelum merilis full album.

Goodbye Stage : Pertunjukkan akhir seorang artis di sebuah program musik sebelum mengakhiri masa promosi sebuah lagu.

Goon : Istilah yang dipakai untuk memanggil anak laki-laki yang lebih muda dalam konteks formal.

Hallyu : Atau gelombang Budaya Korea (Korean Wave). Merupakan istilah untuk menyebut popularitas budaya Korea yang telah menyebar ke seluruh dunia.

Hanbok : Pakaian tradisional Korea. Biasanya karakteristiknya dimeriahkan dengan warna cerah dan garis-garis sederhana tanpa saku. Para idol biasanya mengikuti sesi foto memakai hanbok saat Chuseok.

Himnae (힘내) : Berarti bergembiralah. Sebuah ungkapan pemberian semangat, fungsinya hampir sama dengan 'Hwaiting'!

Hoobae (후배): Seorang junior yang tidak lebih berpengalaman daripada dirimu dalam bidang tertentu. Umur bukanlah faktor utama hal ini, yang terpenting adalah siapakah yang lebih lama terjun dalam bidang tersebut.

Honey Thighs : Orang-orang Korea menganggap paha yang sempurna “manis seperti madu (sweet honey).”

Hwaiting (화이팅) : Sebuah frase untuk memberi semangat seseorang.

Hyung (형) : Berarti kakak laki-laki yang dipakai oleh laki-laki yang lebih muda.

Hyungnim (형님) : Cara sopan untuk menyebut ‘hyung.’
 

Daebak : Berarti “kemenangan besar”, “sukses besar” atau sesuatu yang luar biasa hebat.

Digital Single : Sebuah lagu yang hanya tersedia melalui download online *tidak dikeluarkan dalam bentuk CD*.

Dol (-돌) : Versi pendek dari kata ‘idol’ yang biasanya dikombinasikan dengan kata lain untuk mendeskripsikan sebuah grup atau seseorang. Contoh. “beastly-dols,” “model-dols,” “fairy-dols.”

Dongsaeng (동생) : Berarti “saudara yang lebih muda,” bisa merujuk pada adik yang masih memiliki hubungan darah atau teman dekat yang kamu anggap seperti adik sendiri. Kata ini berfungsi sama untuk perempuan dan laki-laki.

Fan Account : Sebuah akun blog/mini homepage yang dibuat oleh seorang penggemar yang isinya bercerita tentang artis kesukaan mereka, tak jarang pula mereka bercerita tentang pengalaman bertemu dengan si artis atau segala sesuatu yang berhubungan dengan obsesinya dengan artis tersebut.

Fanboy : Sebutan untuk fans cowok

Fangirl : Sebutan untuk fans cewek

Fan-chant : Kata-kata yang diteriakkan fans untuk mendukung para penyanyi pada lagu tertentu, yang diciptakan agar bisa pas dengan melodinya. Kata-kata ini diteriakkan di beberapa bagian lagi ketika jeda dalam tiap baris lirik supaya tidak mengganggu nyanyian penyanyinya. Fan-chants biasanya terdiri dari urutan nama penyanyi (bila dalam grup).

Fancam : Video artis yang direkam langsung oleh fans.

Fan Club : Klub fans resmi dan tidak resmi didirikan agar bisa lebih terorganisir saat mendukung artisnya.

Fandom : Segala hal yang berhubungan dengan dunia fans para artis/variety show/film/drama, dan lainnya.

Fanmade : Bisa berupa mixing video, cover lagu, atau apapun yang berhubungan dengan artis tertentu hasil karya seorang fans (tidak berbeda dengan fanart = karya seni berupa gambar, sketsa, lukisan).
 

Aigo : Ungkapan rasa frustasi atau terkejut, kalau dalam bahasa kita adalah "aduh" atau "astaga"

Bagel Boy/Girl : Sebuah cara untuk mendeskripsikan bentuk rupa seseorang. “Bagel” adalah kombinasi kata “baby face” dan “glamorous body.” Untuk pria, katanya berubah jadi “gladiator body.”

Banmal dan joen-dae mal : Banmal adalah gaya bicara informal yang digunakan oleh seseorang yang dekat denganmu atau lebih muda. Akan dianggap sangat kasar bila kamu bicara banmal dengan seseorang yang lebih tua atau seseorang yang belum terlalu kamu kenal *biasanya diakhiri dengan -hae -ya -ji (contoh: malhae [bicaralah]! ; mwohaneun geoya [apa yang sedang kau lakukan]? *.
Sementara joen-dae mal adalah gaya bicara sopannya *biasanya diakhiri dengan -yo atau - imnida (contoh: saranghaeyo; malhaeyo; gwaenchanseumnida*.

Big 3 : Sebutan untuk tiga lebel hiburan terbesar K-Pop : SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment. Mereka begitu mendominasi di dunia K-Pop dengan penghasilan terbesar dibanding label-label lainnya dari para artis mereka, Cube Entertainment kadang ditambahkan, yang kemudian menjadikannya “Big 4.”

CF : Kepanjangan dari Commercial Film atau singkatnya iklan. 


Chuseok : Perayaan festival panen, seperti Thanksgiving di Amerika Utara.

Comeback Stage : Pertunjukkan pertama di program musik untuk mempromosikan sebuah album atau single. Tidak ada waktu minimum hiatus seorang artis dari album sebelumnya hingga bisa kembali ke panggung musik. Artis ini biasanya akan tampil dalam sebuah pertunjukkan spesial comeback di tiap program musik. Di atas panggung tersebut mereka biasanya diperbolehkan untuk menyanyikan dua lagu.

Chocolate Abs : Abs yang memperlihatkan garis dan bentuk kotak berwarna coklat.
 

11- Abs : Abs (otot perut) wanita yang berbentuk seperti angka “11”

4D Personality : Sebuah kata slang yang berarti seseorang dengan kepribadian eksentrik atau crazy, tapi tidak bermaksud untuk menghina mereka melainkan sebuah pujian. Biasanya dipakai untuk menyebut selebritis dengan kepribadian yang kuat dan unik, mereka yang memiliki cara pandang berbeda dengan orang-orang kebanyakan “3D”

90-Degree Bow : Gaya membungkuk seseorang hingga membentuk sudut 90 derajat, biasanya dilakukan untuk menghormati orang yang lebih senior atau berterima kasih pada fans saat selesai konser atau sebagai tanda minta maaf atas kesalahan yang dilakukan.

Aegyo (애교) : Aksi atau kemampuan untuk menunjukkan sisi cute seseorang.

Age : Sistem perhitungan umur orang-orang Korea agak sedikit berbeda dengan cara internasional, mereka menganggap seseorang telah berumur 1 tahun begitu lahir. Selain itu, lepas dari hari ulang tahun mereka yang sesungguhnya, umur seseorang juga dianggap bertambah satu tahun begitu tahun baru.

Ahjumma fans : Sebutan untuk fans wanita yg umurnya diatas 30 tahunan, biasanya sering dipakai untuk fans tante-tante (ahjumma) dari artis
cowok

Ahjussi fans :Sebutan untuk fans pria yg umurnya di atas 30 tahunan, biasanya sering dipakai untuk fans ahjussi dari artis cewek.

All-kill : Ketika seorang artis lagu atau albumnya berhasil meraih posisi #1 di semua situs download legal, seperti Melon, Dosirak dan Soribada. All-kill di daftar tangga lagu harian (di hari lagu tersebut dirilis) dianggap normal bagi kebanyakan grup populer, sementara akan lebih sulit dicapai untuk all-kill di tangga lagu mingguan atau bulanan.

Anti-fan : atau lebih singkatnya“Anti”. Diguanakan untuk menyebut seseorang yang mengekspresikan kebencian mereka terhadap seorang selebritis.

AR : Kependekan dari “All Recorded”, di mana sebuah lagu diputar secara penuh audio dan musiknya. Dalam pertunjukan, bila lagu AR dimainkan maka sang penyanyi akan melakukan lip-sync.


Cr : Super Junior Love ELForever      

Comments

Popular posts from this blog

It’s You