Horror in Korea

Hantu Korea dan hantu-hantu oriental dari negeri timur terbukti lebih menyeramkan dari hantu barat. Sama hal-nya dengan hantu Jepang, penampakan hantu Korea juga tidak kalah menyeramkan.
Penampakan Hantu Korea bermacam-macam. Dalam bahasa Korea, hantu Korea disebut dengan

Gwishin (귀신) atau Yogwi (요괴). Gwishin digunakan untuk menyebut arwah orang yang sudah meninggal, sedangkan mahkluk berbentuk monster disebut dengan Dokkaebi . Penampakan hantu Korea atau disebut Gwishin bisa ditemukan dimana saja, misalnya rumah, kuburan, dll. Ketika seseorang meninggal sebelum ia menyelesaikan apa yang harus ia selesaikan, maka arwahnya tidak akan bisa pergi ke alam baka. Penampakan hantu meraka akan berada di bumi sampai berhasil menyelesaikan tujuannya.
Namun hantu Korea (Gwishin) yang sangat kuat juga tidak akan pergi ke alam baka jika meraka tidak menginginkannya, sehingga penampakan hantu mereka tetap ada. Gwishin apa saja yang ada di Korea dan seperti apa penampakan hantu korea tersebut, mari kita simak satu per satu:


1. Cheonyeo Gwishin (처녀귀신), Virgin Ghost)

Cheonyeo Gwishin bisa disebut juga sebagai Kuntilanak-nya orang Korea (penampakan hantu Korea ini berupa wanita berambut panjang dan berbaju putih). Dalam legenda Korea, wanita muda yang meninggal dalam keadaan perawan akan bersikap pahit terhadap aib-nya (malu karena masih perawan). Oleh karena itu muncullah penampakan hantu wanita yang berada disekitar kerabat dan teman-temannya.
Penampakan hantu Korea Cheonyeo Gwishin digambarkan dengan wanita berambut sangat panjang dan mengenakan baju putih (baju tradisional korea, hanbok), wajahnya pucat dan darah menetes-netes dari sisi mulutnya, penampakan hantu korea ini bisa dilihat seperti pada film The Ring Virus. Karena misinya untuk menikah tidak terpenuhi, maka tidak mungkin baginya untuk menyeberang ke alam baka. Dikatakan bahwa hantu ini mengutuk pengantin baru, selain itu hantu ini juga dianggap mendatangkan penyakit atau kecelakaan. Satu-satunya cara mengenyahkan penampakan hantu korea ini adalah melakukan ritual pengusiran setan atau dengan menikahkan hantu perawan (Cheonyeo Gwishin) dengan hantu bujangan (Mongdal).

2. Jeoseung Saja (저승사자), Malaikat Kematian)

Hantu Korea Jeoseung Saja atau diartikan Utusan dari Jeoseung adalah mahkluk halus yang menghisap jiwa dan membimbing jiwa-jiwa tersebut melewati hutan gelap berkabut menuju akhirat (Grim Reaper versi Korea). Jeoseung bukanlah surga atau neraka, tapi merupakan tempat tujuan orang mati (kebalikannya disebut Yiseung, atau bumi).
Penampakan hantu Korea Jeoseung Saja mengerikan karena masih merupakan bagian dari pemakaman dan perdukunan yang masih dipraktekkan di wilayah pedesaan. Secara tradisional, penampakan hantu Korea Jeoseung saja digambarkan sebagai agen pemerintah yang korup yang mengancam akan menyalahgunakan jiwa yang meninggal dalam tahanan, kecuali mereka disuap dengan persembahan.



3. Mul Gwishin (benci sendirian di dalam air )
Musim panas membawa banyak kecelakaan tenggelam. Mul Gwishin (물귀신) adalah hantu air, jiwa kesepian dari mereka yang telah tenggelam. Mereka tidak suka sendirian di air dingin, sehingga mereka akan ambil perenang dan menyeret mereka ke dalam air.

4. Rubah berekor sembilan Gumiho menyamarkan diri mereka sebagai perempuan
Gwishin yang populer lainnya adalah Gumiho (구미호), rubah berekor sembilan. Gumiho adalah rubah yang berusia 1.000 tahun yang dihormati oleh dewa langit untuk ditempatkan di istana Kaisar Langit Agung, penguasa langit. Gumiho dikenal untuk menyamarkan diri mereka sebagai wanita cantik di dunia manusia dan memangsa manusia

5. Banyak film horor berlangsung di sekolah anak perempuan
Pernahkah kalian memperhatikan berapa lama mahasiswa Korea menginap di sekolah untuk belajar? Bahkan ada sesuatu yang disebut ‘malam hari periode belajar’ (야간 자율 학습) yang mengharuskan kalian terjebak di sekolah sampai tengah malam. SMA khususnya, menyuruh para siswanya untuk belajar untuk ujian masuk perguruan tinggi, sehingga mereka harus berjam-jam di sekolah.

Sekolah yang terdiri dari berbagai ruangan menyeramkan antara lain koridor gelap, ruang kelas Biologi kosong penuh benda-benda aneh, kelas musik dimana instrumen berbunyi sendiri, dan basement.
Sayangnya, SMA dengan sejarah panjang tidak diragukan lagi memiliki siswa yang telah melakukan bunuh diri di sekolah. Cerita sedih serta jiwa bersembunyi di sudut-sudut gelap yang ada di setiap sekolah, semua sedikit berbeda namun ada juga yang sama.
Cerita-cerita ini telah menjadi tema utama bagi banyak orang, banyak film horor Korea, yang menampilkan gwishin gadis berambut panjang dengan seragam sekolah.
Setiap sekolah memiliki patung hidup yang datang pada malam hari
Jika gwishin SMA adalah jiwa yang hilang, di sekolah-sekolah dasar cerita-cerita tersebut menjadi sedikit berbeda.
Sebagian besar sekolah dasar Korea memiliki patung tokoh sejarah terkenal, atau salah satu patung yang paling umum yang pernah ada, “anak-anak membaca”. Dan tentu saja, patung-patung menjadi hidup di tengah malam dan mondar-mandir di halaman sekolah.

Potret martir patriotik Yoo Kwansun juga hidup.
Martir Yoo Kwansun (유관순). Yoo berusia 17 tahun ketika ia ditangkap dan dipenjara selama pendudukan Jepang, sementara protes dalam gerakan kemerdekaan. Dia akhirnya meninggal akibat penyiksaan di penjara dan dihormati sebagai tokoh bersejarah.
Namun, fakta-fakta menakutkan ketika anak-anak masih kecil, dan meskipun mereka tahu dia adalah seseorang yang penting dan dihormati, memiliki potret di kelas adalah pengingat yang tajam bahwa sejarah tersebut menakutkan.
Ini tidak mengherankan bahwa ada legenda tentang potret dirinya atau patung nya akan berjalan di pada malam di Hari Kemerdekaan Gerakan (1 Maret, 삼일절) dan potret dirinya akan berteriak “Kemerdekaan Korea Selamanya!” jika kita memanggilnya .



6. Dokkaebi
Jika Gwishin adalah penampakan hantu Korea yang berupa arwah, ada juga penampakan hantu Korea yang berupa monster yang disebut Dokkaebi. Penampakan hantu Korea ini seperti tuyul atau goblin. Hantu Korea ini mempunyai satu tanduk di kepalanya, dan selalu membawa tongkat ajaib yang bisa membuat apa saja dengan mantra tertentu. Dokkaebi bisa juga dianggap sebagai Goblin-nya orang Korea. Konon tanduk hantu Korea bisa memberikan keberuntungan. Penampakan hantu Korea ini tergolong lucu dan baik, Dokkaebi suka usil pada orang jahat dan memberi berkah pada orang baik.
Hantu Korea ini disebutkan pula sebagai roh benda-benda mati. Benda-benda yang umumnya bertransformasi sebagai hantu Korea ini adalah barang sehari-hari yang telah ditinggalkan pemiliknya atau dalam keadaan tak terurus, misalnya saja sapu, alu, perapian. Menariknya, pohon yang diolesi darah seorang gadis juga bisa menjadi Dokkaebi.

7. Dalgyal Gwishin

Hantu korea yang disebut Dalgyal Gwishin adalah penampakan hantu yang muncul dari tumpukan mayat dan berbentuk telur.

8. Jayuro gwinshin

Waspadalah terhadap penumpang di malam hari.
“Jayuro gwishin” (자유로 귀신) . Jayuro adalah jalan raya yang menghubungkan Goyang ke Paju, terletak di utara dari Seoul dan digunakan oleh orang-orang di distrik terkenal Ilsan untuk pulang-pergi. Jalan raya ini mengikuti Sungai Han dan sangat terkenal karena sering diselimuti kabut yang mendalam, sehingga banyak kecelakaan mobil.
Banyak orang yang berkendara di jalan raya melihat seseorang berdiri di sisi jalan, – seorang wanita muda terlihat kesulitan, dengan kacamata hitam. Setelah dilihat lebih dekat, ternyata dia tidak memakai kacamata sama sekali, matanya ternyata dicungkil.
Ada juga kisah sopir taksi yang menjemput seorang wanita muda di hari hujan dekat Jayuro, dan setelah meninjau di alamat dalam sistem GPS, dan mengikuti arah ke daerah terpencil.
Ketika ia melihat di cermin untuk meminta penumpangnya menanyakan tujuannya lebih detail, ia tidak menemukan wanita tersebut. Dan kemudian ia menyadari bahwa ia telah berhenti di depan sebuah pekuburan umum.
Di stasiun Oksu: Seorang gadis mabuk
Seorang pria mengupdate secara real-time tentang seorang gadis “mabuk” di stasiun Oksu di suatu forum. Orang-orang meninggalkan komentar, “Ayo berbicara dengannya, untuk memastikan tidak ada yang buruk terjadi padanya.” Tapi saat dia menghampiri gadis tersebut, tiba-tiba saja tidak ada lagi. Setelah diselidiki tak seorang pun melihat gadis itu.

9. Hantu kamar mandi

Jangan melihat ketika kau sedang di toilet.
Gwishin kamar mandi. Apakah kau pernah berkunjung ke sebuah toilet tua? Orang Korea masih memiliki banyak orang-orang di pedesaan. Toilet yang jauh dari rumah, gelap, dan sempit, itu cerita tentang Gwishin yang menghantui.
Bahkan di zaman modern, cerita tentang kamar mandi gwishin juga ada. Terutama kamar mandi di sekolah dan kantor, dimana siswa belajar dan karyawan bekerja sampai larut malam, dan di mana langit-langit yang cukup tinggi untuk Gwishin menggantung terbalik dan kemudian bermain dengan kalian!
Ada juga legenda perkotaan Gwishin di studio rekaman, baik dengan suara mereka muncul dalam rekaman, atau siluet mereka terlihat bersembunyi di ruangan rekaman.
Dalam kasus apapun, penyanyi dengan hadirnya Gwishin saat rekaman dikabarkan memiliki album hit, sehingga dalam beberapa kasus manajemen perusahaan penyanyi akan membuat cerita tentang hantu tersebut untuk membuat kehebohan.
Tapi mungkin salah satu cerita yang paling terkenal adalah cerita tentang ibu satu anak yang tidak akan menjawab bahkan setelah dipanggil beberapa kali:
“Ibuuuuuu! Ibuuuuuuuu! IBUUUUUUU !!!!!”
Sang ibu akhirnya berbalik kembali dan menghadapi anak tersebut.
“IBU, AKU MEMANGGILMU SERATUS KALI! MENGAPA KAU TIDAK JAWAB AKU??? “
Sebuah senyum licik melintasi wajah ibu dan dia menjawab,
“Apakah aku terlihat seperti ibumu?"
  


 Cr : Super Junior (E.L.F) Forever
 



Comments

Popular posts from this blog

It’s You