Tips Memilih Universitas dan Jurusan



Memilih jurusan dan perguruan tinggi berkaitan erat dengan masa depan. Tentunya kamu tak mau menyesal di kemudian hari karena salah jurusan. Tentunya merepotkan bukan kalau harus "balik" kuliah dari awal? Berikut ini saya bagikan beberapa tips untuk memilih universitas dan jurusan yang tepat agar tidak salah pilih. Check this out!

1. Are You Ready?

Pertanyaan ini harus kamu ulang berkali-kali untuk dirimu sendiri. Cari tahu plus-minus kuliah, supaya kamu paham dengan resiko dan manfaatnya. Well, keputusan untuk kuliah samasekali tidak salah. Kecuali kamu terlalu betah sama zona nyaman atau malah siap jadi pengantin.

2. How About Passion?

Seberapa penting kuliah sesuai bakat dan minat? Sangat penting! Bakat dan minat berkaitan erat dengan  apa yang kita cintai. Bayangkan betapa menyenangkannya 3 sampai 4 tahun berjalan dengan kecintaan! Dan lagi, sejak lahir kamu sudah diberi bakat oleh Tuhan. Masa kuliah adalah saat yang tepat untuk mengembangkannya semaksimal mungkin. Ingat, jalanmu akan tersendat jika menjalankan semuanya dengan keterpaksaan. Misalnya dengan terpaksa kuliah di jurusan yang hanya ikut-ikutan teman.

3. Cari Info Lengkap

Kalau disuruh memilih satu dari 2.647 perguruan tinggi di Indonesia, kamu pasti bingung. Ikuti ekspo perguruan tinggi atau datangi langsung kampus yang kamu minati. Jangan mengandalkan browsing, apalagi hanya mengandalkan brosur yang hanya menampakkan foto balkon kampusnya saja. Karena ada perguruan tinggi yang promo besar-besaran, menjanjikan ini-itu dan biaya murah, kenyataannya berbeda jauh saat masuk. Ingat, perguruan yang seperti itu artinya mencari mahasiswa. Kampus bukan lagi tempat menuntut ilmu, tapi ladang bisnis.

4. Konsultasikan dengan Orang Tua

Ketika kamu sudah mau kuliah sesuai passion, ternyata kamu dan orang tua tidak sehati. Kamu, mau kuliah ini, orang tua menyuruh itu. Kalau kamu menolak, malah diancam tidak dibiayai. Solusinya? Bicarakan baik-baik. Beri penjelasan mendetail mengenai jurusan yang kamu pilih. Kamu juga harus yakin dengan pilihanmu dan siap menjalankannya hingga tuntas. Karena ini bukan hanya soal sukses, melainkan tanggung jawab.

5. Sesuaikan dengan Kemampuan

Nah, ini dia syarat yang paling penting. Kamu harus tahu betul kemampuan orang tua. Tidak perlu memaksa masuk kampus bagus  yang mahal kalau orang tua pinjam sana-sini untuk biaya sekolahmu. Tapi yang paling utama adalah sesuaikan dengan kemampuan otakmu. Kalau otak encer, beasiswa menunggu. Tinggal kamu sendiri yang harus gigih untuk meraihnya.

Nah, itu dia beberapa tips memilih universitas dan jurusan yang tepat. Semoga bermanfaat!


Comments

Popular posts from this blog

It’s You